Julian Arif

22 May 2013

Pensil




Apa yang dapat kita pelajari dari sebuah pensil?
Mengapa kita harus mengambil pelajaran dari sebuah pensil?
Apakah karena pensil ada di sekitar kita?
Apakah karena pensil dekat dengan kehidupan sehari-hari kita?
Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita pelajar dari pensil

Pertama, ketika kita menulis dengan pensil lalu kemudian tulisan kita keliru atau perlu diperbaiki, pensil memberikan kita kesempatan agar tulisan tersebut dapat dihapus dan diganti dengan tulisan yang benar. Seperti itulah seharusnya kita hidup, ketika kita melakukan perbuatan yang salah seharusnya kita berusaha untuk memperbaikinya dan mengganti dengan perbuatan yang benar.
Kedua, pensil semakin sering digunakan maka akan semakin tumpul, namun ketika sudah tumpul ia membiarkan dirinya untuk kita raut, agar bisa runcing kembali. maka kita manusia, semakain bertamabah usia kita, lalu kecerdasan dan ketajaman berpikir kita semakin berkurang, kita harus berusaha untuk mengasah dan meraut pemikiran kita agar ketajaman berpikir bisa kembali runcing,
Hal yang patut kita pelajari lagi dari sebuah pensil adalah bahwa bagian dari pensil yang kita gunakan untuk menulis adalah terbuat dari arang hitam kusam yang kadang kita sepelekan, padahal itu adalah bagian terpenting dari sebuah pensil. Maka jangan sampai kita mengabaikan hal-hal sepele yang terkadang dari hal-hal sepele itulah kita bisa membuat sesuatu yang lebih bermanfaat.
terimakasih