Julian Arif

17 January 2013

Selayang Pandang Matematika


Apa itu Matematika?
Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata matematika? Mungkin ada diantara Anda yang mengatakan angka, ada yang mengatakan matematika itu berhitung, ada juga yang mengatakan matematika itu logika. Bagi saya pribadi matematika itu adalah identitas bagi seorang matematikawan.

Siapakah matematikawan itu?
Matematikawan itu adalah orang yang melakukan matematika (Mathematician is who is doing mathematics. Seorang matematikawan  tidak tertarik pada 1 + 1 = 2, seorang matematikawan tidak tertarik bahwa luas segitiga itu adalah alas kali tinggi dibagi dua, tapi seorang matematikawan tertarikkepada kenapa 1 + 1= 2? Kenapa luas segitiga itu alas kali tinggi bagi dua.
Seorang matematikawan selalu bertanya mengapa, bukan apa.

Kenapa harus belajar matematika?
matematika ada disekitar kita. Dimanapun kita berada, tidak ada satupun bidang keahlian yang tidak ada matematikanya, di sekolah tidak ada satupun mata pelajaran yang ada matematikanya. Bagi seorang siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika, tetap perlu belajar matematika, walaupun tidak harus menjadi expert yang penting dia tahu hal-hal yang mendasar dari matematika.