Julian Arif

16 October 2012

Membudayakan Bismillah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Malam ini saya ingin mencoba mengulas tentang membudayakan membaca bismillah sebagai salah satu zikir yang agung kepada Allah SWT.
bismillah

Bismillahirrahmanirrahim adalah salah satu zikir yang dianjurkan untuk kita baca setiap kita akan melakukan aktifitas (yang baik). ketika kita memakai baju, makan, minum dan mengambil wudhu dan sebagainya kita dianjurkan untuk membaca bismillah. ini bentuk implementasi diri kita bahwa kita harus senantia mengingat Allah dan menghadirkan-Nya di hati kita dalam setiap aktifitas yang kita lakukan.

Allah SWT sebagai Rabb kita tidak boleh hilang dalam ingatan kita sekejap pun. Artinya, Allah tetap menjadi yang dominan  hadir dalam setiap kehidupan kita.

Namun sayang sekali, kebanyakan orang lebih banyak mengingat harta benda yang dimilikinya, padahal kalau kita pahami, pada hakikatnya; jangankan harta benda, diri kita ini milik Allah.
Oleh karena itu wahai saudaraku, marilah kita kembali menata zikir-zikir kita yang salah satunya adalah membudayakan Bismillah.

Jangan pernah beranggapan bahwa zikir kita itu sepele dan jangan pernah menganggap bismillah itu sepele di sisi ALlah SWT.

dalam sebuah kajian yang saya ikuti di Masjid Istiqlal bahwa Bismillahirrahmanirrahim dalam ejaan arab terdiri atas 19 huruf. Setara dengan jumlah malaikat penjaga pintu neraka jahanam maka “barang siapa yang membaca bismillah sebanyak-banyaknya maka Allah akan membebaskan dia dari malaikat jabaniyyah……

banyak sekali tulisan-tulisan yang menjelaskan tentang keutamaan dan fadillah membaca bismillah, selebihnya anda bisa mencari lebih lanjut tentang keutamaan bismilillah,
wallahu a’alam bishowab..